Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

BUKU LEMBARAN BARU DAN DOSA MASA LALU

BUKU LEMBARAN BARU DAN DOSA MASA LALU

 Mari kita hitung bersama sama dosa dosa yang pernah kita perbuat ditahun ini dan tahun tahun sebelumnya. Kita ingat ingat kembali,sudah seberapa banyak dosa dan kesalahan yang pernah kita lakukan dan belum pernah kita tobatkan. Sudah seberapa sering kita meninggalkan shalat Fardu dengan sengaja dan belum kita tobatkan,sudah berapa kali kita membuat orang tua kita menangis karna sakit hati dan kita belum minta ma'af juga belum kita tobatkan, sudah berapa kali kita mengambil hak orang lain dengan jalan bathil, sudah seberapa sering kita menghina,mencaci,menghibah,memfitnah atau merusak nama baik saudara kita, dan kita belum sempat minta ma'af bahkan belum juga mau bertobat, padahal Allah berfirman dalam Al Qur'an:

وَلَيْسَتِ التَّوْبَةُ لِلَّذِيْنَ يَعْمَلُوْنَ السَّيِّاٰتِۚ حَتّٰىٓ اِذَا حَضَرَ اَحَدَهُمُ الْمَوْتُ قَالَ اِنِّيْ تُبْتُ الْـٰٔنَ وَلَا الَّذِيْنَ يَمُوْتُوْنَ وَهُمْ كُفَّارٌ ۗ اُولٰۤىِٕكَ اَعْتَدْنَا لَهُمْ عَذَابًا اَلِيْمًا

 Artinya:"Dan tidaklah tobat itu diterima Allah dari orang-orang yang mengerjakan kejahatan (yang) hingga apabila datang ajal kepada seseorang di antara mereka, (barulah) dia mengatakan 'Sesungguhnya aku bertobat sekarang'. Dan tidak (pula diterima tobat) orang-orang yang mati sedang mereka di dalam kekafiran. Bagi orang-orang itu telah Kami sediakan siksa yang pedih:"(QS An Nisa :18). 

Hari ini,mumpung Allah masih memberikan kesempatan kepada kita untuk bertobat,

Untuk meminta ma'af kepada siapa saja yang pernah kita sakiti,dan mengembalikan apa apa yang pernah kita ambil dengan jalan yang tidak diridhoi Allah, kemudian mohon ridhonya,dan mohon ampunan Allah dengan bertobat, sungguh tiada satu dosapun yang tidak diampuni Allah jika pemilik dosa tersebut mau bertobat dan mohon ampunan Allah dengan sungguh sungguh, mungkin ditahun ini dosa dan kesalahan kita telah memenuhi buku yang 400 halaman,padahal jumlah hari dalam setahun hanya 360 hari.

 Dengan kemurahannya Allah telah berfirman dalam Al Qur'an:

قُلْ يٰعِبَادِيَ الَّذِيْنَ اَسْرَفُوْا عَلٰٓى اَنْفُسِهِمْ لَا تَقْنَطُوْا مِنْ رَّحْمَةِ اللّٰهِ ۗاِنَّ اللّٰهَ يَغْفِرُ الذُّنُوْبَ جَمِيْعًا ۗاِنَّهٗ هُوَ الْغَفُوْرُ الرَّحِيْمُ

Artinya:"Katakanlah, "Wahai hamba-hamba-Ku yang melampaui batas terhadap diri mereka sendiri! Janganlah kamu berputus asa dari rahmat Allah. Sesungguhnya Allah mengampuni dosa-dosa semuanya. Sungguh, Dialah Yang Maha Pengampun, Maha Penyayang:"(QS Az Zumar :53). 

Bahkan dalam sebuah hadits dikatakan:

Yang artinya:"Tiada seorang hamba yang melakukan dosa, lalu ia bersuci dengan baik lalu ia berdiri untuk sholat dua rakaat, kemudian ia meminta ampunan kepada Allah melainkan Allah akan mengampuninya:"(HR Abu Dawud,Tirmidzi, Ahmad, dan Ibnu Majah).

Mari kita tutup buku catatan amal harian tahun ini dengan taubatan nasuha, lakukan dua raka'at shalat Sunnah taubat,penuhi rukun tobatnya dan Yaqin seyaqin yaqinnya bahwa ampunan Allah jauh lebih besar ,jauh lebih banyak dari pada catatan dosa dan kesalahan kita. Selanjutnya, kita buka buku harian baru yang masih bersih dari aib dan noda dosa, isilah buku baru kita dengan berbagai kebaikan dengan kedekatan kepada Allah yang lebih banyak agar Allah yang membimbing lisan dan perbuatan kita, Allah yang membimbing langkah kaki kita hingga kita bisa terhindar dari kesalahan kesalahan masa lalu.amiin

Posting Komentar untuk "BUKU LEMBARAN BARU DAN DOSA MASA LALU"