Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

DOSA SELAMA 80 TAHUN BISA DIHAPUS DENGAN SHOLAWAT UMMI


 Sholawat penghapus dosa selama 80 tahun disebut dengan Sholawat Ummi. Terkait hal ini, Rasulullah saw dalam sebuah hadits yang diriwayatkan Abu Hurairah ra bersabda:

Yang artinya:"Barangsiapa yang bersholawat kepadaku hari Jumat sebanyak 80 kali niscaya Allah mengampuni dosanya selama 80 tahun. Ada yang bertanya kepada beliau: Wahai Rasulullah, bagaimanakah cara bersholawat atasmu? Beliau menjawab: Ucapkanlah 'Allahumma sholli 'ala Muhammadin 'Abdika wa Rasulika An-Nabiyyil Ummiy, ini dihitung sekali:"

Secara umum, sholawat merupakan amalan ringan yang mengandung banyak keutamaan. Terlebih, sholawat menjadi bentuk kecintaan seorang muslim terhadap Nabi Muhammad saw.

Mengutip buku Rahasia Shalawat Nabi oleh Muhammad Syukron Maksum dan Ahmad Fathoni el-Kaysi, sholawat kepada Nabi Muhammad saw adalah bentuk harapan serta permohonan sepenuh haiti untuk memohon kesempurnaan dan berbahagia atas segala karunia Allah SWT yang diberikan kepada sang nabi.

Ibnu Watiniyah melalui buku Kumpulan Shalawat Nabi Super Lengkap mengartikan sholawat sebagai do'a, memberi berkah, dan ibadah. Secara istilah sholawat dimaknai sebagai ungkapan sanjungan, kekaguman, sekaligus permohonan seorang hamba kepada Allah melalui ungkapan mulia agar Allah SWT senantiasa memuliakan Nabi Muhammad saw.

Lantas, seperti apa bunyi Sholawat Ummi yang dikatakan dapat menjadi penghapus dosa 80 tahun.

Sholawat Ummi Dapat Menghapus Dosa 80 Tahun

Dijelaskan dalam buku Shalat-shalat Sunah Penarik Rezeki susunan Ustaz Mahmud Asy-Syafrowi, Sholawat Ummi dapat dibaca pada hari atau malam Jumat. Ada dua versi Sholawat Ummi, yaitu versi panjang dan pendek.

1.Sholawat Ummi Versi Panjang:

اللهم صل على محمد النبي الأمي وعلى آل محمد ، كما صليت على إبراهيم وعلى آل إبراهيم ، وبارك على محمد النبي الأمي وعلى آل محمد ، كما باركت على إبراهيم وعلى آل إبراهيم ، إنك حميد مجيد

 Arab latin:"Allaahumma shalli 'alaa muhammadin nabiyyil ummiyyi wa'alaa aali Muhammad, kamaa shallaita 'alaa ibraahiima wa'alaa aali ibraahiim, wabaarik 'alaa muhammadin nabiyyil ummiyyi wa'alaa aali Muhammad, kamaa baarakta 'alaa ibraahiima wa'alaa aali ibraahiima, innaka hamiidum majiid.

 Artinya:"Ya Allah, sampaikanlah sholawat kepada Muhammad, Nabi yang ummi dan juga keluarga Muhammad, sebagaimana Engkau telah memberi rahmat kepada Ibrahim dan keluarga Ibrahim. Dan berilah keberkahan kepada Muhammad, Nabi yang ummi dan juga keluarga Muhammad, sebagaimana Engkau telah memberi keberkahan kepada Ibrahim dan keluarga Ibrahim. Sesungguhnya Engkau Maha Terpuji dan Mahamulia:"(HR Ahmad, Ibnu Hibban, Daraquthni, dan Baihaqi).

2.Sholawat Ummi Versi Pendek:

اَللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى مُحَمَّدِ النَّبِيِّ اْلأُمِّيِّ وَعَلىَ آلِهِ وَسَلِّمْ تَسْلِيْماً

Artinya: "Ya Allah, limpahkan rahmat atas Nabi Muhammad yang ummi serta keluarganya, dan berilah mereka keselamatan."

Itulah bunyi sholawat yang dapat menghapus dosa selama 80 tahun. Semangat kita Amalkan, ya!.

Posting Komentar untuk "DOSA SELAMA 80 TAHUN BISA DIHAPUS DENGAN SHOLAWAT UMMI"